Tuesday, March 19, 2013

Review Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 3

by AriaNyaan - VGI

Belum lama ini seri ketiga dari franchise Naruto Shippuden telah dirilis di pasaran. Dengan mengusung judulNaruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 3, game ini akan kembali membawa kalian ke dalam pertarungan para ninja.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Seperti seri sebelumnya, CyberConnect 2 tetap bertanggung jawab atas pengerjaan game ini dan masih menganut gaya pengemasan yang kurang lebih sama dengan sebelumnya. Melanjutkan cerita dari Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Generation yang kurang lebih sama dengan versi manga dan anime-nya yang bahkan hingga saat ini belum selesai, Naruto kembali harus melindungi desanya dari serangan ninja bertopeng yang mengancam kedamaian di dunia ninja.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Mengambil latar cerita pada masa The 4th Great Ninja War, kalian akan melihat cerita game ini dari berbagai sisi tergantung siapa fokus cerita pada saat itu. Kalian juga akan diajak ke masa lalu ketika Kyubi sang rubah ekor sembilan menyerang Konoha dan melihat sejarah yang terjadi pada saat itu serta berbagai kejadian yang sebelumnya selalu menjadi misteri. Perkembangan sang karakter utama yang perlahan mulai mendapatkan kekuatan baru yang lebih hebat juga akan kalian ikuti pada seri game ini.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Berabgai fitur menarik juga ditambahkan pada seri ini, kalian bisa menentukan jalan cerita yang akan kalian saksikan sesuai dengan pilihan yang kalian ambil. Fitur tersebut akan membuat kalian harus memilih pilihanLegend atau Hero, dan setiap pilihan yang kalian ambil akan menentukan cerita selanjutnya dan juga tingkat kesulitan yang akan kalian hadapi. Perlu diingat bahwa jika kalian memlilih Hero atau Legend akan ada point yang bisa klian dapatkan, untuk point Hero akan berpengaruh pada kapasitas barang pendukung pertarungan yang bisa kalian dapatkan, sedangkan point Legend akan berpengaruh dengan kapasitas senjata pendukung yang bisa kalian bawa.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Fitur lainnya sebenarnya tidak terlalu berubah dengan seri sebelumnya, hanya saja pada Ultimate Ninja Storm 3 kalian akan lebih banyak diajak ke dalam pertarungan sinematik yang lebih terbuka, misalnya pertarungan antara Hokage ketiga melawan Kyubi dimana kalian harus melompat-lompat dari gedung satu ke gedung lainnya sambil melancarkan serangan dan juga memaksimalkan dukungan dari para ninja lainnya. Jujur saja, seri ketigafranchise ini menghadirkan permainan yang lebih interaktif sehingga kita tidak hanya bertarung biasa namun juga masuk ke dalam cerita.
Nantinya akan ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk bisa menikmati cutscene di tengah pertarungan yang sedang terjadi, misalnya saja kalian harus melakukan ultimate ninjutsu atau Kawarimi no Jutsu (jurus menukar tubuh) di saat icon penanda muncul di tengah healt bar. Selain itu, cutscene juga bisa muncul apabila kalian memenuhi persyaratan yang diberikan sesaat sebelum pertarungan dimulai.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Sedikit kelemahan yang ada pada game ini adalah ketika cutscene pertarungan penting muncul biasa kalian akan diharuskan untuk menekan tombol yang tepat agar cutscene berlanjut, namun perintah tombol yang harus ditekan membuat kita tidak dapat fokus melihat pertarungan yang terjadi dan hanya terfokus pada tombol apa yang akan muncul berikutnya. Hal tersebut sangat disayangkan, terlebih lagi kebanyakan pertarungan yang menghadirkancutscene adalah pertarungan penting yang sayang sekali jika tidak kita lihat dengan seksama.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Walaupun grafis yang ditampilkan hanya mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan seri sebelumnya, namun tampilan karakter 3D yang digabungkan dengan latar 2D memiliki ciri khas tersendiri yang bagus dipertahankan oleh CyberConnect2.
Salah satu poin plus pada game ini, musik latar yang diberikan sangat cocok dengan keadaan yang terjadi di dalam game, bahkan ketika scene yang mengharukan muncul, kita bisa dibuat ikut terharu karenanya. Sedikit informasi penting, jika kalian adalah gamers yang lebih menyukai sulih suara dengan bahasa Jepang dibanding dengan bahasa Inggris, maka kalian patut bersyukur karena pada game ini kalian bisa memilih suara menggunakan bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Namun jika kalian tidak bisa berbahasa Jepang dengan lancar, tenang saja karena kalian bisa menggunakan fitur subtitle bahasa Inggris yang bisa digunakan pada game ini.
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
naruto_shippuden_ultimate_ninja_storm_3
Meneruskan kesuksesan franchise ini, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 3 hadir dengan game yang lebih interaktif dan penuh aksi. Dikemas dengan cerita dan tampilan grafis yang mudah dicerna, game ini memiliki kekuatan tersendiri yang tidak kalah dengan game sekelasnya. Pengemasan cerita yang menarik membuat para gamer bisa seakan-akan masuk ke dalam cerita game ini lebih jauh dan bermain dengan emosi kita. Secara pribadi, saya sudah lama tidak mengikuti manga Naruto sehingga bisa dikatakan saya bukan seorang fanboy, namun game ini menghadirkan sebuah paket lengkap yang akan membuat kalian tidak akan berhenti sebelum selesai memainkannya hanya demi melihat akhir cerita game ini. (ARN)

VGI Ratings for Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 3

9.7GameplayBerbagai fitur baru ditambahkan sehingga game ini menjadi lebih interaktif.
9.2GraphicPaduan karakter bergaya 3D dengan latar 2D yang terus di pertahankan memiliki nilai plus tersendiri.
9.3SoundMusik latar serta suara yang bisa menggunakan bahasa Jepang membuat game ini semakin nyaman dinikmati.
9.5LongevityBerbagai macam karakter baru ditambahkan lengkap dengan jurus baru membuat game ini bisa dimainkan dalam waktu yang lama.
9.5
OVERALL
Dapatkan Game PS3 - Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 3 hanya di DollyKidz

No comments:

Post a Comment